Minggu, 02 November 2008

Penyakit Rumput Padang Golf

Oleh Budi Tjahjono

Cendawan penyebab penyakit pada rumput adalah tumbuhan yang tidak mempunyai butir hijau daun (klorofil) sehingga tidak mampu memanfaatkan energi cahaya untuk membuat karbohidrat dari karbondioksida dan air. Rumput padang golf, sebagaimana makhluk hidup lainnya, tidak lepas dari ancaman penyakit yang dapat mematikan atau setidak-tidaknya menurunkan kualitasnya. Ada dua kelompok penyakit yang dapat timbul pada rumput padang golf: yaitu penyakit-penyakit yang infeksius, disebabkan oleh virus, bakteri, cendawan, dan nematoda dan penyakit-penyakit non infeksius, disebabkan antara lain kekurangan nutrisi (unsur hara), kondisi lingkungan yang buruk, luka mekanik, dan kelainan genetik. Artikel kali ini membahas secara umum permasalahan penyakil, rumput padang golf sebagai pengantar pembahasan yang lebih spesifik dan rinci untuk tiap jenis penyakit.

Sebagian besar penyakit infeksius, yang menular dari rumput sakit ke rumput sehat, disebabkan oleh cendawan atau jamur. Tidak kurang dari 40 jenis penyakit oleh cendawan telah diidentifikasi para peneliti di luar negeri. Di Indonesia, penulis dan beberapa mahasiswa IPB dalam beberapa tahun terakhir ini telah melakukan penelitian terhadap beberapa penyakit yang mulai merugikan di wilayah Jabotabek. Identifikasi yang tepat terhadap penyebab penyakit merupakan langkah awal yang menentukan efektivitas pengendaliannya.

Cendawan penyebab penyakit pada rumput adalah tumbuhan yang tidak mempunyai butir hijau daun (klorofil) sehingga tidak mampu memanfaatkan energi cahaya untuk membuat karbohidrat dari karbondioksida dan air. Mereka tergantung pada karbohidrat yang telah dibuat oleh rumput. Bila kondisi lingkungan menguntungkan, cendawan yang bersifat parasit akan menyerang rumput dan menyebabkan terjadinya penyakit .

Sebagian besar cendawan mempunyai struktur seperti benang-benang yang bercabang. Seringkali ada suatu sel khusus atau spora dibentuk pada ujung benang-benang atau miselium ini yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan ataupun sebagai struktur yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang buruk. Tiap tipe spora dan struktur badan buah adalah khas untuk setiap spesies cendawan, dan ini penting untuk identifikasi cendawan.

Spora kebanyakan cendawan mudah lepas dari tangkainya akibat percikan air hujan atau air irigasi,angin, mesin pemangkas, dll. Spora-spora ini kernudian disebarkan oleh air, angin atau alatalat pemeliharaan ke bagian rumput yang masih sehat Jika kondisi menguntungkan dan rumput dalam keadaan lemah maka spora ini akan berkecambah dan menginfeksi rumput sehingga timbul gejala penyakit. Hal ini besar peluangnya untuk terjadi pada waktu rumput yang masih basah dipangkas.

Pengaruh Faktor Lingkungan
Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan penyakit rumput dapat dikelornpokkan menjadi dua, yaitu faktor iklim dan faktor budidaya atau cara pemeliharaan rumput padang golf. Faktor iklim yang penting kaitannya dengan penyakit rumput adalah temperatur, kelembaban atau air, dan intensitas cahaya. Sedangkan faktor budidaya yang penting meliputi pemangkasan, pemupukan dan penyiraman atau irigasi.

Temperatur mempengaruhi pertumbuhan cendawan. Temperatur yang optimum untuk pertumbuhan cendawan sangat bervariasi tergantung jenis cendawannya. Namun di Indonesia umumnya adalah sekitar 25-32 C. Kelembaban dalam bentuk lapisan atau tetesan air pada permukaan rumput sangat diperlukan bagi perkembangan spora cendawan. Air juga berperan dalam penyebaran cendawan. Penyebaran penyakit oleh cendawan Pythium yang menyerupai suatu garis atau aliran menuju tempat yang lebih rendah pada permukaan putting green merupakan contohnya. Kelembaban udara yang tinggi terutama terjadi pada malam dan pagi hari jika hari mendung maka kelembaban yang tinggi ini dapat bertahan lama dan lebih memberi peluang bagi terjadinya penyakit.

Air yang terlalu banyak dalam tanah dalam waktu yang lama dapat merugikan perakaran . Rumput yang mengalami kondisi demikian tidak akan tahan terhadap serangan cendawan pada bagian daun atau tajuknya. Kekeringan dalam waktu yang panjang juga merugikan rumput. Rumput yang indah mengalami kematian bila dalam kondisi yang buruk ini juga terserang cendawan

Intensitas cahaya yang rendah, misal dibawah naungan, cenderung mendorong terjadinya penyakit-penyakit tertentu seperti penyakit embun tepung pada rumput. Angin sangat penting dalam penyebaran spora beberapa jenis cendawan penyebab penyakit. Angin juga berperan dalam proses terjadinya Penguapwi air dan pengereingan miselium cendawan pada permukaan daun rumput.

Kondisi tanah, terutama kemasaman juga berpengaruh terhadap perkembangan penyakit yang disebabkan oleh cendawan yang menyerang perakaran. Kemasaman tanah ini secara tidak langsung juga berpengaruh melalui berbagai proses kimia dan biologi dalam tanah serta ketersediaan unsur hara. Sebagai contoh kekurangan unsur kalsium akan meningkatkan kerentanan rumput terhadap cendawan pythium.

Faktor Budidaya
Sebagian besar faktor budidaya secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan penyakit rumput melalui pengubahan lingkungan mikro yang kemudian mempengaruhi terjadinya penyakit. Faktor lainnya secara langsung dapat mempengaruhi berat ringannya penyakit. Hal ini dapat diterangkan melalui praktek pemangkasan.

Dalam batas tertentu, pemangkasan yang makin pendek merangsang pertumbuhan rumput kecil dalam jumlah yang lebih banyak dari suatu area. Rumput-rumput yang makin rapat menyebabkan permukaan tanah lebih ternaungi dan pergerakan udara dalam daerah pertumbuhan rumput menjadi terbatas dibanding pada kondisi tanpa pemangkasan. Kondisi ini memungkinkan adanya kondisi lembab yang lebih panjang untuk awal suatu penyakit.

Rumput pada green yang sering dipangkas menjadi lebih kecil dan seluruh permukaannya segera terserang cendawan. Pada daun rumput yang tidak dipangkas, serangan cendawan ini mungkin hanya menimbulkan suatu bercak pada satu helai daun.

Luka akibat pemangkasan dapat menjadi jalan masuk bagi patogen (penyebab penyakit). Kerapatan daun pada green yang sering dipangkas memudahkan benang-benang cendawan menyebar dari daun yang sakit ke daun yang sehat disebelahnya. Spora cendawan juga dapat tersebar melalui mower (alat pemangkas) terutama jika pemangkasan dilakukan pada saat rumput dalam kondisi basah. Namun pemangkasan ini dapat pula menghilangkan gejala penyakit yang terdapat pada ujung-ujung daun.

Pemupukan yang dilakukan dengan dosis dan cara yang tepat akan menghasilkan pertumbuhan yang diinginkan untuk penggunaan tertentu. Namun, bila dosisnya berlebihan, terutarna unsur nitrogennya. maka penyakit-penyakit tertentu seperti yang disebabkan oleh cendawan Helminthosporium akan menjadi lebih berat. Penyembuhan dari kerusakan penyakit tergantung pada pertumbuhan kembali untuk menggantikan jaringan-jaringan yang rusak. Pemupukan pada saat perkembangan penyakit lambat dapat menghasilkan pertumbuhan yang mengatasi kerusakan akibat penyakit.

Cara budidaya pemeliharaan rumput padang golf yang mencegah perkembangan lapisan thatch (lapisan antara hijau daun dan permukaan tanah) yang tebal umumnya dapat mencegah perkembangan penyakit. Pengurangan ini dapat memengurangi patogen-patogen seperti Rhizoctonia, Helminthosporium, dan fusarium
Syringing, yaitu penyiraman dengan sedikit air pada permukaan rumput jika dilakukan dengan tepat dapat mengurangi terjadinya penyakit pada putting green. Penyiraman ringan waktu pagi-pagi dapat mencuci tetesan air gutasi dan bahan organik pada ujung daun sehingga tidak dimanfaatkan oleh patogen. Penyemprotan ringan di tengah hari juga dapat menurunkan temperatur pada rumput. Namun penyiraman ringan di tengah hari ini perlu pertimbangan yang baik agar justru tidak meningkatkan kelembaban yang menguntungkan patogen.

Pengendalian Penyakit
Pengendalian penvakit harus didasarkan pada identifikasi yang tepat terhadap penyebabnya Pengenalan terhadap gejala penyakit dan tanda patogen ditambah pengetahuan terhadap waktu terjadinya penyakit kondisi lingkungan terutama iklim yang mendorong perkembangan penyakit sangat menguntungkan dalam usaha pengendalian penyakit

Banyak penyakit rumput endemik untuk suatu daerah tertentu dan terjadi setiap tahun bila kondisi lingkungan mendukung. Terjadinya penyakit yang demikian dapat diantisipasi dan beberapa di antaranya dapat dicegah dengan pernilihan jenis rumput yang tahan. Kerusakan akibat kebanyakan penyakit dapat diminimalkan dengan menerapkan cara-cara budidaya yang tepat dan penggunaan fungisida secara bijaksana.

Pemilihan jenis rumput yang tahan terhadap penyakit tertentu dan atau penanaman jenis rumput yang sesuai dengan daerah adaptasinya dapat mengurangi peluang terjadinya penyakit. Di antara praktisi dalam budidaya rumput yang tidak memahami karakteristik rumput tertentu dapat timbul kesalahan dalam pemilihan jenis rumput untuk ditanam di daerah tertentu., Sebagai contoh, bila bentgrass yang adaptif untuk daerah dingin diatanam di daerah panas. maka rumput akan mudah mengalami stress dan menjadi lebih mudah mati bila diserang cendawan patogen.

Sebagaimana dikemukakan di atas, cara budidaya seperti pemangkasan penyiraman dan pemupukan dapat mempengaruhi perkembangan penyakit. Pemahaman terhadap hal ini sangat penting dalam usaha pengendalian. Secara umum peluang terjadinya penyakit akan meningkat bila ketinggian pemangkasan dikurangi dan penggunaan air serta pupuk ditambah. Operasi budidaya atau pemelibaraan rumput padang golf ditentukan oleh fungsi atau penggunaan area tertentu, dan tingkat modifikasi untuk meminimkan penyakit adalah terbatas, namun penting.

Fungisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan cendawan patogen. Kebanyakan fungisida dibuat untuk mencegah cendawan menyerang tanaman inang. Hal ini dapat dicapai dengan cara (1) penghancuran spora atau miselia dalam tanah atau lapisan thatch, mengurangi awal suatu penyakit; (2) penyemprotan protektif yang mematikan patogen yang ada dipermukaan daun, dan melalui efek residual mencegah infeksi oleh patogen yang datang kemudian; (3) aplikasi fungisida sistemik untuk mencegah infeksi dan mernatikan patogen yang sudah ada dalam jaringan tanaman. Aplikasi fungisida harus mengikuti petunjuk padalabel, dilakukan dengan dosis, cara dan waktu serta pada tempat yang paling sesuai dengan jenis penyakit yang menjadi sasaran.

Tidak ada komentar: